Saturday, July 30, 2011

Asal Usul Bahasa pemrograman JAVA

 

Bahasa pemrograman JAVA bukan berarti berasal dari jawa akan tetapi dari : .... baca kisah nya

Penciptaan platform dan bahasa pemograman ini bukan berasal dari jawa ataupun bermarkas di pulau jawa. Akhir tahun 1990, java tadinya merupakan proyek internal di Sun Microsystem Inc, Santa Clara, California, America. Proyek cetusan Patrik Naughton itu diberi nama Stealth Project dan setelah James Gosling dan Mike Sheridan, bergabung nama itu berganti menjadi Green Project dengan dibantu oleh beberapa ahli. Proyek dimulai dari sebuah kantor kecil di Stand Hill Road, Metro Park, California. Mereka berupaya menciptakan sebuah tekhnologi baru, dengan menganadalakan bahasa pemograman C++. Tetapi salah seorang tim menemukan berbagai kelemahan dari bahasa pemograman tersebut. Ia pun mengusulkan untuk membuat bahasa baru, dengan mengusulkan bahasa baru, dengan menggabungkan bahasa MESA dan C.

Setelah mencari nama yang cocok, munculah bahasa baru yaitu Oak. Nama Oak muncul ketika salah seorang dari mereka melihat sebuah pohon oak yang tumbuh disana. Baru pada tahun 1992 tim berhasil mendemokan flatform baru yang terdiri dari system operasi Green, bahasa Oak, Libraries dan sebuah perangkat keras.
Percobaan pertama mereka menciptakan perangkat semacam PDA yang menampilkan gambar grafik, kemudian disebut Star7. Alat itu berhasil diujicoba pada September 1992. 2 bulan kemudian, Green Project sepenuhnya dimiliki First Person Inc, sebuah perusahaan dibawah subsidi Sun Microsystem.

Pertengahan 1994 tim ditantang untuk merambah dunia internet. Pada saat itu muncul browser web baru yang bernama Mosaic. Patrik Naughton menciptakan Pototipe browser kecil yang dinamai WebRunner. Ditahun yang sama, mereka bermaksud mematenkan nama Oak, tetapi nama itu sudah dipakai oleh bahasa pemograman lain. Mau tidak mau mereka harus mengganti namanya.

Akhirnya ide cemerlang itu dating juga, suatu hari beberapa orang dari tim melakukan perjalanan keluar kota dan mampir dikedai kopi. Saat menikmati kopi hangat, tiba-tiba terbesit kata “java” untuk mengganti kata Oak. Orang-orang Amerika serig menyebut kopi dengan istilah java.
Gosling dan kawan-kawan pun menyepakati nama java dengan secangkir kopi hangat sebagai simbolnya. Dan browser WebRunner pun berubah nama menjadi HotJava.


Walaupun idenya sudah jelas, ada juga yang menghubungkan nama java sebagai singkatan dan inisial nama beberapa anggota yaitu James gosling, Athur Van holf dan Andy bechtolsheim

sumber : http://frima378.blogspot.com/2009/01...nama-java.html

0 comments:

:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 

show

RPL-ESEMKITAChat