Thursday, August 4, 2011

Memahami Konsep CMS – Content Management System




tulisan ini menerangkan tentang konsep CMS: lebih dalam mengenai konsep website statis.

Here We Go.
Di tulisan yang lalu kita sudah memahami perbedaan antara website statis dan dinamis. Blog, pada umumnya merupakan website dinamis. Website dinamis memiliki ciri-ciri adanya pemrograman di sisi server untuk mengelola konten yang di tampilkan di website dinamis tersebut.
Sekarang, jika blog adalah website dinamis dan website dinamis disusun dari program yang diinstall di server, bagaimana saya bisa membuat blog? Saya tidak mengetahui apa-apa mengenai pemrograman server!
Tenang saja. Ada content management system.

Apa itu Content Management System (CMS) ?

Seperti arti harafiahnya, CMS adalah sistem manajemen konten. Bahasa sederhananya: Software yang cukup anda install di server, konfigurasikan, masukkan informasi yang anda ingin tampilkan di website anda ke CMS yang anda install, lalu jadilah website anda.
Bahasa teknisnya: Kesatuan program server side dan database yang bertugas mengolah data yang anda input menjadi halaman web (me-manage data yang di input menjadi halaman web. Itulah mengapa namanya CMS)
Kalau anda membaca tulisan saya mengenai internet timeline: Daftar Kronologis Perkembangan Internet, anda akan menyadari bahwa jumlah website (dan blog) semakin hari semakin tumbuh dengan angka yang sangat fantastis (terutama belakangan ini).
Salah satu faktor pendukung hal tersebut adalah adanya Content Management System.
Dengan adanya CMS, tidak hanya geek yang dapat memiliki website. Orang yang tidak mengetahui apa-apa mengenai pemrograman server pun bisa membuat website.
Cukup beli domain, sewa server, install CMS. Tidak mengetahui tahapan installasi CMS? Anda bisa mencari tutorial yang tersebar di world wide web atau meminta tolong customer service tempat anda menyewa server.
Setelah instalasi, atur (konfigurasikan) tampilan website anda, susun struktur halaman website anda, lalu ketikkan informasi yang ingin anda tampilkan di editor WYSIWYG (What You See Is What You Get, tempat mengetikkan data seperti tampilan MS Word. Umumnya CMS memiliki fitur ini), lalu klik publish. Informasi yang anda ketikkan itu kini dapat diakses melalui halaman website anda.

Dimana Saya Bisa Mendapatkan CMS?

Good Question. Setelah mengetahui apa itu CMS dan apa yang anda dapat lakukan dengan CMS, pertanyaan selanjutnya adalah dimana anda bisa dapatkan CMS tersebut.
Banyak cara mendapatkan CMS. Ada yang berbayar, ada yang gratis. Dulu sebelum dotcom bubble burst, mungkin orang perlu membayar web developer untuk mendapatkan CMS yang diinginkan untuk website dinamisnya.
Namun zaman berubah. Hari ini anda bisa mendapatkan CMS yang sangat berkualitas secara gratis, atas nama project Open Source. Ada banyak CMS yang bisa anda download dan anda install di server sewaan anda dengan gratis, di dukung oleh komunitas pengguna yang besar.
Beberapa CMS yang dapat anda download dan gunakan secara gratis: Ada Joomla, Drupal, Expression Engine (ini ada versi berbayarnya juga), ZenCart, Textpattern, WordPress, dll. Berapa CMS mengkhususkan diri untuk tujuan spesifik. Seperti ZenCart untuk toko online, dan wordpress untuk blogging.
That’s it. Konsep Content Management System. Ada pertanyaan (ada yang belum terlalu jelas mungkin?), masukan, saran atau tambahan? Beritahu kami melalui fitur comment dibawah.
Enjoy! :D


Sumber

0 comments:

:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 

show

RPL-ESEMKITAChat